AHM Sudah Miliki 647 SMK Binaan,Pendidikan Vokasi Industri Dilanjutkan

Otofery.com - PT Astra Honda Motor (AHM) lanjutkan penguatan pendidikan vokasi industri melalui kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri. Kerjasama pembinaan SMK kali ini bidik SMK yang berada wilayah Jawa Tengah serta SMK di wilayah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Direktur Engineering, Production, and Procurement AHM David Budiono (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan berupa sepeda motor dan special tools kepada perwakilan 15 SMK yang melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Industri dan SMK dalam acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah (21/4). AHM bersama Kemenperin terus mengembangkan SMK Pilot Project di berbagai provinsi untuk meningkatkan sumber daya manusia terampil melalui pendidikan kejuruan dan vokasi yang kuat di Tanah Air.


Berbekal pembinaan AHM (AstraHonda Motor) terhadap 647 SMK di 30 Provinsi melalui implementasi program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda, Kemenperin menjalin AHM agar bersama-sama meningkatkan SDM (sumber daya manusia) yang terampil melalui pendidikan kejuruan dan vokasi yang kuat di Tanah Air. Mulai tahun lalu, AHM bersama Kemenperin kembangkan SMK Pilot Project di berbagai wilayah di Indonesia ,yaitu di wilayah DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan kini memasuki provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 

Sebagai bentuk kepercayaan pemerintah terhadap AHM,ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara AHM sebagai pelaku industri dengan 15 SMK wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Program Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian di Semarang, Jawa Tengah (21/04) yang disaksikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Siswa SMK jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda melakukan praktek di laboratrium TSM Astra Honda. Sampai saat ini, AHM telah mengimplementasikan KTSM Astra Honda di 647 SMK yang tersebar di seluruh Tanah Air sebagai upaya memperkuat pengembangan pendidikan vokasi di Tanah Air.


Pada acara ini AHM memberi bantuan berupa 1 (satu) unit sepeda motor dan special tools pada 15 SMK yang akan menjadi sekolah Mitra binaan AHM. Bantuan tersebut diserahkan oleh Direktur Engineering, Production, and Procurement AHM David Budiono pada salah satu SMK perwakilan yang baru saja menjadi sekolah binaan AHM.


Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pengembangan SMK berbasis kompetensi oleh Kemenperin bersama industri dan Kementerian terkait,adalah lanjutan dari implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 perihal Revitalisasi SMK yang sebelumnya telah dimulai oleh Kemenperin pada tahun sebelumnya. 

"Kami sangat berkomitmen akan memperkuat pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia dengan menerapkan Kurikulum TSM Astra Honda di SMK yang tahun ini sudah memasuki tahun ke 7 . Kami yakin andai dikelola dengan baik, SMK bakalan mampu melahirkan generasi muda terampil yang dibutuhkan oleh industri."




Sampai saat ini, implementasi KTSM Astra Honda telah dijalankan oleh 647 SMK yang tersebar di 30 Provinsi Indonesia. Sebagai upaya untuk mendorong kompetensi SMK binaan, AHM juga kembangkan konsep  SMK sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang berwenang mengukur serta memvalidasi kompetensi siswa sebelum memasuki dunia industri. Saat ini tercatat sudah ada 56 SMK yang telah menjadi SMK TUK KTSM Astra Honda.

Untuk mengimplementasikan KTSM Astra Honda di wilayah Provinsi Jawa Tengah serta DI Yogyakarta, AHM kerjasama dengan beberapa Main Dealer Honda Jawa Tengah Astra Motor Semarang dan Main Dealer Honda Yogyakarta Astra Motor Yogyakarta.Hingga saat ini total SMK Binaan Honda di Jawa Tengah sudah mencapai 82 SMK yang tersebar di 34 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Sementara untuk wilayah DI Yogyakarta total SMK Binaan Honda mencapai 14 SMK yang sudah tersebar di seluruh Kabupaten serta Kota di DI Yogyakarta.




Contact :

Email : Feryahmad5@gmail.com
Twitter : @ahmadfery1
Instagram : @Fery_ahmad_15
Facebook : Auto Fery

Subscribe to receive free email updates: