Mengganti Spare Part Yang Bukan Original Nya,Konsumen Ini Sangat Kecewa

Otofery.com – Iseng iseng berkunjung ke salah satu grup Facebook,ada satu keluhan dari pengguna MT 25 atas pelayanan yang di lakukan oleh salah satu dealer Yamaha...konsumen tersebut inti nya kecewa atas pelayanan yang di berikan,lah bagaimana tidak konsumen tersebut minta ganti bohlam MT25 yang putus dengan original punya MT25,eh malah di ganti dengan bohlam untuk R15...berikut keluhan nya :



HATI2 YANG MAU SERVICE MOTOR DI BENGKEL INI!

Kejadian: Selasa, 6 Sept 2016.
Lokasi di Jl. Raya Setu Cileungsi. Yamaha MT25 saya putus bohlam headlamp, kebetulan lewat bengkel ini jadi saya mampir utk nanya apakah ada part headlamp bulb MT25. Orang bengkel (bukan mekaniknya) bilang gak ada jadi saya segera pergi. Tapi baru mau gas, orang tadi bilang "pak ada partnya!". Saya turun lagi. Dan sy perjelas, "Benar ada bohlam ori MT25?" .. dijawab iya ada.

Jadilah MT25 sy dipegang salah seorang mekaniknya (sy gak lihat namanya siapa, tinggi gondrong). Sy nunggu mungkin sampai 90 menit. Hanya utk pasang bohlam saja! Pasti ada yang gak beres, tapi sy diemin.

15:45. Selesai, sy tanya ke kasir berapa biayanya, ini yang aneh: "bayarnya langsung ke mekanik, pak". Sy sampe nanya 2 kali, dan jawabannya spt itu. Alasannya itu barang punya mekaniknya. Saya panggil si mekanik. Dan sy tanya harganya berapa? Dia jawab:
"Partnya 39rb, jasa pasangnya 10rb".

Kagetlah saya. Lha harga bohlam headlamp ori MT25 itu Rp.185k. Langsung sy tanya. "Itu bohlam apa yang dipake? Ori MT25 bukan??"
"Bukan pak. Tapi bisa dipake di MT25".
"Tadi sy tanya, bohlam ori MT25 apa bukan, dijawab iya sama org yng pake kaos tadi. Mana dia??" Dipanggillah orang yg tadi bilang ada bohlam ori. Sy tanya pertanyaan yg sama spt ke mekanik, dia malah nanya lagi ke mekaniknya "emang itu bohlam apa??" Blassss...gak beres sudah ni bengkel.

Si mekanik jawab "td bpk (nunjuk org berkaos yg ngakunya bukan kepala bengkel) nanya ada bohlam MT25 gak, sy jawab ada. Tapi pake punyanya R15, sama pak".

Saya tanya balik. "Watt nya sama?"
"Beda pak"
"Nah ngapain dipasang?? Beda spek. Beda peruntukkan. Nggak bilang2 pula main langsung pasang aja padahal udh jelas sy carinya bohlam ori". Sy jd tunjuk2 mereka di depan kasir. Meski masih nahan supaya tdk terdengar pelanggan lain yang disitu.

Mekaniknya jawab: "ya udah kl bpk mau kita copot lagi".
"Situ bongkar pasang aja 90menit. Mau brp jam lg sy nunggu? Ini udah mau tutup kan?"
"Ya udah pak gapapa gak usah bayar."
"Sy harus bayar. Ini udh ganti part meski bukan partnya. Dan anda di bengkel resmi masak pelayanannya kayak gini? Parah mas. Kayak bengkel pinggir jalan. Ngasal."
"Nggak usah pak. Gak usah bayar. Buat tanda penyesalan kami." Kata orang berkaos.
"Anda musti kontrol mekanik anda. Kalo pergantian sembarangan kayak gitu trus bikin rusak part lain siapa yang mau tanggungjawab?". Sambil pake jaket dan tinggal pergi setelah sy ambil gambar bengkelnya.

Kesimpulan:
1. Ternyata bengkel resmi aja masih ada yang kerja tdk sesuai SOP. Mana ada part ori bayarnya ke mekanik?? Yg ngasi tau kasirnya pula!
2. Bila ganti part, pastikan itu memang part ori buat MT25.. bukan kanibalan atau substitusi dr motor lain, meski fungsinya sama. Tapi spek pasti beda. Di bengkel yamaha sebelum ini juga udah dibongkar. Lokasinya tdk terlalu jauh dr situ. Tapi masih nanya, digantinya pake bohlam vixion harganya Rp.68k.. hadeeuuuhh.
3. Jadilah pengguna pintar. Instal aplikasi part katalog yamaha di smartphone anda. Liat detil part yang dibutuhkan serta harganya. Jadi anda tau nanti kalo harganya beda (apalagi lebih murah jauh) kemungkinan itu part motor lain.

Demikian sharingnya supaya lebih aware demi menjaga si MT tetep sehat.

Note:
Kalo ada yang kenal dengan GM atau pimpinan bengkel ini, tolong japri sy ya.

Nursal Ramadhan
MTRI #197


Kejadian tersebut tentu bisa di jadikan contoh oleh konsumen (pengguna motor apa saja) lain agar lebih teliti lagi bila melakukan penggantian part di beres.

Sumber MT 25

Contact :
Email : Feryahmad5@gmail.com
Twitter : @ahmadfery1
Instagram : @Fery_ahmad_15
Facebook : Auto Fery

Subscribe to receive free email updates: